Cara Mendaftar SNMPTN Online

Post by : lesprivateq.com

Adik-adik,, SNMPTN akan digelar sebentar lagi. Bagi adik-adik yang duduk di bangku SMA dan sudah mau lulus, tentunya harus update informasi tentang SNMPTN. Sudah menjadi wajib hukumnya untuk mengetahui cara pendaftaran SNMPTN. Mengapa? karena dengan mengetahuinya, kalian bisa mempersiapkan bekal yang diperlukan dari sekarang. Misalnya, dalam mendaftar SNMPTN diperlukan KTP, nah sebelum kalian pergi ke luar kota untuk bimbel ataupun ujian tertulis di sana, tentunya kalian harus membuat KTP terlebih dahulu bagi yang belum memilikinya.

Nah, sebenarnya dalam mendaftar SNMPTN bisa juga dilaksanakan secara online. Pihak penyelenggara sendiri sebenarnya telah memfasilitasi pendaftaran online dengan pergi ke situs resminya di http://www.snmptn.ac.id. Dengan sistem ini, pendaftaran lebih fleksibel karena bisa dilakukan di mana saja kalian berada, asal ada jaringan internet tentunya.. hehhee..

Nah, lalu bagaimana dunk sistem pembayaran untuk pendaftaran online? Untuk sistem pembayarannya, kalian bisa membayar ke bank-bank terdekat yang bekerjasama dengan pihak penyelenggara SNMPTN. Untuk tahun lalu, pembayaran bisa dilakukan melalui ATM/Bank Mandiri. Setelah itu, kalian akan mendapatkan bukti pembayaran yang nantinya akan di submit/diupload melalui website resmi SNMPTN.

Mekanisme Pendaftaran

Nah, untuk mengikuti SNMPTN, kalian harus memenuhi beberapa syarat. Diantaranya adalah kalian lulus maksimal 2 tahun sebelum penyelenggaraan SNMPTN. Apa maksudnya? Misalnya begini, SNMPTN akan digelar pada bulan Juni 2012. Jadi, peserta yang dapat mengikuti SNMPTN tahun 2012 ini adalah peserta yang lulus pada tahun 2012, 2011, serta 2010 saja.

Penyelenggara SNMPTN pun membagi jadwal pendaftaran untuk lulusan baru dan lulusan lama. Biasanya untuk pendaftar yang mempunyai tahun lulus lama (2010 dan 2011) akan diberi kesempatan untuk mendaftarkan diri di awal, dan pendaftaran pun akan ditutup lebih cepat. Kemudian disusul dengan dibukanya jadwal pendaftaran untuk calon pendaftar yang mempunyai ijaza dengan tahun lulus 2012 atau istilahnya fresh graduate. Sementara untuk jadwal SNMPTN 2012 saat tulisan ini dibuat belum diterbitkan. Nanti akan kami update tentang jadwal dan informasi lebih dalam kalau jadwal SNMPTN 2012 sudah diterbitkan.

Langkah-langkah pendaftaran SNMPTN

Dan yang terakhir, kami akan memberikan langkah-langkah pendaftaran SNMPTN online yang bisa dijadikan referensi adik-adik. Berikut adalah langkah-langkah dalam mendaftar SNMPTN online :

1. Adik-adik yang mau mendaftar SNMPTN harus melakukan pembayaran ke ATM/Bank Mandiri.

Biaya untuk paket IPA dan IPS sebesar Rp 150.000,-. Sedangkan untuk biaya IPC sebesar Rp 175.000,-. Dengan mengambil paket IPA atau IPS, kalian bisa memilih 2 program studi untuk IPA dan IPS (sesuai yang kalian pilih). Sedangkan untuk paket IPC kalian bisa memilih 3 program studi yang terdiri dari 2 program IPA dan 1 program IPS atau 1 program IPA dan 1 program IPS

2. Bawa kartu identitas.

Perlu digarisbawahi, dalam melakukan pembayaran di Bank/ATM, kalian akan diminta untuk memasukkan nomor kartu identitas yang digunakan sebagai identitas pendaftaran. Kartu identitas sendiri bisa berupa KTP, SIM, Kartu Keluarga atau Paspor. Jadi siapkanlah bekal kartu identitas adik-adik sebelum menuju ke bank atau ATM agar tidak bolak-balik.

3. Menerima bukti pembayaran.

Nah, jika kalian selesai dalam melakukan pembayaran, kalian akan menerima 2 bukti pembayaran yang terdiri dari :
(a) Nomor Identitas calon peserta, dan
(b) PIN SNMPTN sepanjang 16 karakter.

Ingat, bahwa baik nomor identitas dan PIN ini sifatnya sangat rahasia. Jadi jangan dipublikasi ya adik-adik. Konsekuensi dari kerahasiaan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab kalian lho..

4. Melakukan pendaftaran Online.

Nah, setelah pembayaran selesai dan bukti pembayaran sudah dikantongi, saatnya untuk meluncur ke website http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran secara online. Sama seperti saat melakukan pembayaran kalian harus menyiapkan beberapa keperluan sebagai berikut :

a. Kartu identitas yang digunakan untuk melakukan pembayaran (KTP, SIM, pasport, atau kartu keluarga).

b. Bukti pembayaran yang didapat dari hasil pembayaran sebelumnya.

c. File foto terbaru dan resmi ukuran 4x6. Kalian bisa scan foto kalian kalau belum punya.

d. Fotocopy ijaza bagi yang sudah menerimanya. Bagi adik-adik yang belum menerima ijaza, kalian bisa memakai fotocopy tanda lulus.

5. Login ke website.

Nah, setelah semua persiapan sudah selesai, saatnya untuk Login ke website snmptn dengan memasukkan Nomor Identitas dan PIN SNMPTN yang telah kalian terima (pada bukti pembayaran).

6. Isi Formulir.

Setelah kalian berhasil login, kalian bisa mengisi formulir yang ada. Isilah semua data dengan benar dan teliti. Jangan sampai salah, karena akan sangat fatal jika kalian salah mengisi data. Ulangi untuk mereview data yang kalian isikan sebelum mensubmitnya.

7. Menyimpan Bukti Pendaftaran Online.

Setelah semua data sudah selesai terisi dan kalian sudah selesai mensubmitnya, maka adik-adik akan diminta untuk menyimpan file bukti pendaftaran online ini. Jika kalian ke warnet, maka bersiaplah untuk membawa flashdisk untuk menyimpan file ini.

8. Membeli Materai.

Setelah semuanya selesai, kalian akan mendapatkan kartu bukti pendaftaran. Print kartu ini, lalu kasih materai seharga Rp 6000,- di tempat yang telah disediakan. Setelah itu, tandatangani kartu ini. Ingat, tanda tangan harus menimpa meterai ini ya. Setelah itu, beres deh...

Saat mengikuti ujian SMPTN, kalian diwajibkan untuk membawa kartu pendaftaran tersebut yang telah diberi materai beserta tandatangannya.